Satuan Pendidikan : SMP ...........
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Shalat Jum’at
Alokasi
Waktu : 3 pertemuan (9 x 40
menit)
A. Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
A.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
1
|
1.6
|
Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman
surah al- Jumu’ah /62: 9
|
1. menunjukkan tata cara Shalat Jumat.
2. melaksanakan Shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah
/62: 9.
3. menjelaskan pengertian Shalat Jumat.
4. menjelaskan hukum dasar Shalat Jumat
|
|
2
|
3.10
|
Memahami ketentuan Shalat Jumat
|
5. menjelaskan syarat mendirikan Shalat Jumat.
6. menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan Shalat Jumat
7. menerangkan beberapa halangan melaksanakan Shalat Jumat.
|
|
3
|
4.11
|
Mempraktikkan Shalat Jumat
|
8. menunjukkan contoh pelaksanaan Shalat Jumat
9.
mempraktikkan Shalat Jumat
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta
didik dapat:
1. menunjukkan tata cara Shalat Jumat.
2. melaksanakan Shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah
/62: 9.
3. menjelaskan pengertian Shalat Jumat.
4.
menjelaskan hukum dasar Shalat Jumat
5. menjelaskan syarat mendirikan Shalat Jumat.
6. menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan Shalat Jumat
7.
menerangkan beberapa halangan melaksanakan
Shalat Jumat.
8. menunjukkan contoh pelaksanaan Shalat Jumat
9.
mempraktikkan Shalat Jumat
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
1. Tayangan/model/ilustrasi tata cara Shalat Jumat.
2. Kegiatan pelaksanaan Shalat Jumat sebagai implementasi dari
pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
3. pengertian Shalat Jumat.
4.
hukum dasar Shalat Jumat
5. syarat mendirikan Shalat Jumat.
6. perbuatan sunnah yang terkait dengan Shalat Jumat
7.
beberapa halangan melaksanakan Shalat Jumat.
8. contoh pelaksanaan Shalat Jumat
9.
praktik Shalat Jumat
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode
diskusi, drill, dan demontrasi
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
4.
Internet
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
Gambar atau tulisan manual di
papan tulis
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
c.
Karton atau kertas besar, spidol,
whiteboard, dll
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
f.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
g.
Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan shalat
Jumat.
· Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai pengertian shalat Jumat.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat
Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang pengertian shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan
tata cara pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari
berita atau informasi tentang pengertian shalat
Jumat.
· Mendiskusikan dasar shalat
Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tentang pengertian shalat
Jumat.
· Membuat analisis tentang dasar
shalat Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Menyajikan paparan tentang pengertian shalat
Jumat.
· Menyajikan paparan tentang dasar shalat
Jumat.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
3.
Penutup
a. Dibawah
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru
memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam memaparkan hasil diskusinya.
-
Kelompok yang paling baik dalam menanggapi pertanyaan
dari kelompok lain.
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN I I
Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
f.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
g.
Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok.
Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
· Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai tata cara shalat Jumat.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat
Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang syarat shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari
berita atau informasi tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mendiskusikan tata cara shalat Jumat.
· Mendiskusikan manfaat
shalat Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
· Membuat analisis tentang halangan shalat
Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan tatacara shalat Jumat.
· Menyajikan paparan bagan tentang
ketentuan shalat Jumat.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat
shalat Jumat.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
4.
Penutup
f.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
g. Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
h. Guru
memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam memaparkan hasil diskusinya.
-
Kelompok yang paling baik dalam menanggapi pertanyaan
dari kelompok lain.
i.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
j.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN III
Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
f.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
g.
Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok.
5.
Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan shalat
Jumat.
· Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai tata cara shalat Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang praktek shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan
tata cara pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Guru membagi kelompok
untuk mempraktekan shalat jumat
· Guru menugaskan masing-masing
kelompok untuk menunjuk petugas dalam pelaksanaan shalat jumat
· Siswa mempraktekan shalat
Jumat secara kelompok.
Asosiasi
· Membuat analisis tentang pelaksanaan shalat Jumat.
· Merumuskan tentang langkah-langkah
pelaksanaan shalat Jumat.
Komunikasi
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
6.
Penutup
a. Dibawah
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru
memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam memaparkan hasil diskusinya.
-
Kelompok
yang baik dan benar dalam mempraktekan shalat Jumat
-
Kelompok yang paling baik dalam menanggapi pertanyaan
dari kelompok lain.
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
H.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar pengamatan
c. Kisi-kisi : indikator
penilaian aktivitas diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Skor Maks
|
NIlai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
Keterangan:
T :
Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT :
Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R :
Remedial
P :
Pengayaan
d. Aspek dan rubrik penilaian:
1.
Kejelasan dan kedalaman informasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2.
Keaktifan
dalam diskusi
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3.
Kejelasan dan kerapian presentasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
NO
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya harus selalu mengerjakan ¡alat Jumat.
|
||
2.
|
Saya yakin bahwa ¡alat Jumat akan
menghapus dosa-dosa kecil yang saya perbuat.
|
||
3.
|
Saya akan mengajak teman-teman untuk
mengerjakan ¡alat Jumat.
|
||
4.
|
Saya akan mendengarkan khatib saat
berkhotbah.
|
||
5.
|
Saya yakin dengan mengerjakan ¡alat Jumat
akan tumbuh persatuan dan kesatuan.
|
||
6.
|
Saya selalu melaksanakan ¡alat
ta¥iyatul masjid.
|
||
7.
|
Saya yakin bahwa dengan melaksanakan ¡alat
Jumat persatuan dan kesatuan akan terbina.
|
||
8.
|
Saya yakin kalau berbicara pada saat
khotbah ¡alat Jumat saya sia-sia
|
||
9.
|
Saya yakin bisa memenuhi
ketentuan-ketentuan ¡alat Jumat
|
||
10.
|
Saya yakin ¡alat Jumat yang saya
lakukan ada manfaatnya.
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi : Terlampir
d.
Instrumen penilaian :
Jawablah soal berikut
ini sesuai dengan pernyataan!
1.
Apa yang kamu ketahui tentang Shalat Jumat?
2.
Mengapa laki-laki diwajibkan Shalat Jumat?
3.
Siapakah yang boleh jadi khatib?
4.
Sebutkan syarat-syarat Shalat Jumat!
5.
Jelaskan tata cara Shalat Jumat!
6.
Sebutkan orang-orang yang membolehkan
untuk tidak Shalat Jumat!
7.
Sebutkan sunat-sunat Shalat Jumat!
8.
Apa yang harus dilakukan apabila tidak
melaksanakan Shalat Jumat karena berhalangan?
9.
Sebutkan larangan saat khatib sedang
berkhotbah!
10.Jelaskan hikma Shalat Jumat!
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
Indikator
Penilaian
|
1.
|
Mempraktikkan
shalat jum’at
|
Praktikkan
tatacara shalat jum’at dengan baik dan benar!
|
Ø
Kesesuaian gerakan Shalat
Jum’at
Ø
Kesesuaian bacaan shalat
Jum’at
Ø
Ketertuban ketentuan shalat
Jum’at
|
Mengetahui Semarang,...................... 2013
Kepala
Sekolah Guru
PAI dan Budi Pekerti
......................... .....................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar